DPRD Lampung Timur Setuju 112 Desa Gelar Pilkades Desember 2023

Jumat, 27 Januari 2023 20:18 WIB

Share
Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif dialog bersama pengurus APDESI terkait Pilkades di dewan setempat Jumat (27-1).
Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif dialog bersama pengurus APDESI terkait Pilkades di dewan setempat Jumat (27-1).

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID--- Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif menegaskan jika dewan  setuju jika 112 kepala  desa yang habis masa jabatan digelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desember 2023.

Hal itu disampaikan Ali Johan Arif  saat menerima Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa  Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Timur di ruang kerja dewan Jumat (27-1). Hadir pada dialog tersebut, pengurus APDESI yang dipimpin Ketua Guna Wijaya bersama sejumlah pengurus lain.

Ketua Dewan Ali Johan menjelaskan, dari 264 desa di 24 kecamatan, sebanyak 112 desa yang jabatan kepala desanya berakhir tahun ini. Karena telah berakhir, tidak ada aladan bagi pemerintah untuk tidak menggelar pilkades. Apalagi dalam Kemendagri menyatakan jika kepala desa telah habis masa jabatannya, maka pilkades wajib dilaksanakan.

"Di Lampung Timur tahun ini ada 112 desa yang wajib gelar pilkades. Dan tak ada alasan untuk ditunda,"kata Ali Johan yang didampingi Ahmad Basuki, Ketua Komisi 1.

Agar pilkades tetap digelar akhir 2023 bagi 112 desa itu, Ali Johan memerintahkan Komisi 1 segera ke Kemendagri untuk meminta juklak dan juknis pelaksanaan pilkades. Sehingga hal itu akan jelas acuan pelaksanaannya.

"Saya minta Komisi 1 segera ke Kemendagri untuk minta juklak dan juknis. Sehingga acuan pilkades akan jelas," ujar Ali Johan.

Selain ke Kemendagri, Ali Johan juga minta Komisi 1 koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) guna menyusun tahapan pilkades.
"Tahapan harus fisusun dengan  baik. Sebab, pilkades lebih rawan dibanding pileg atau pilkada,"tandas Ali Johan.

Terkait anggaran, menurut Ali Johan, karena pilkades bagi 112 desa figelar sekitar akhir Desember 2023, maka dapat dianggarkan lewat APBD Perubahan.
"Untuk pelaksanaan pilkades akan dibantu Rp10 juta. Untuk anggaran keamanan nanti dibahas," ujar politisi PDIP itu.

Ketua APDESI Lampung Timur Guna Wijaya minta Pemkab Lampung Timur selaras dengan DPRD yang mendukung pilkades bagi 112 desa digelar Desember mendatang. Mereka menolak desa yang akan menggelar pilkades berlama- lama dipimpin seorang penjabat sementara yang ditunjuk kepala daerah.
"Tak ada alasan pilkades 2023 ditunda. Apalagi DPRD Lampung Timur telah setuju dan sangat mendukung,"tegas Guna Wijaya.
(Khairuddin)

Editor: Bila
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler