JPU KPK Laporkan Keterlibatan Wali Kota Eva Dwiana ke KPK RI

Rabu, 25 Januari 2023 06:48 WIB

Share
Ida Nurhaida (Foto Ist)
Ida Nurhaida (Foto Ist)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- JPU KPK Afrisal akan membuat laporan kepada pimpinannya agar ditindaklanjuti munculnya nama Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana terkait penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila).

Alasan Afrisal, ada fakta baru muncul dari persidangan yang menghadirkan saksi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu  Politik (FISIP) Unila Ida Nurhaida bahwa Wali Kota Eva menitipkan keponakannya masuk FISIP Unila.

"Terkait munculnya nama orang nomor satu di Kota Bandarlampung, kita akan membuat laporan ke pimpinan KPK untuk ditindaklanjuti karena ada fakta baru dari persidangan," ujarnya usai sidang lanjutan di PN Tanjungkarang, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan pula oleh Ida Nurhaida, Wali Kota Eva menitipkan keponakannya masuk FISIP Unila lewat Wakil Dekan (Wadek) 1 Dedy Hermawan. Dia menyarankan awak media bertanya langsung kepada Dedy Hermawan.

Diduga, nama yang dititipkan tersebut bernama Diki?l lda Nurhaida mengaku tak tahu nama mahasiswa yang dititipkan Wali Kota Eva. Dia menyerahkan permasalah tersebut ke Dedy Hermawan.

Dalam sidang lanjutan dugaan suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, JPU menghadirkan Mantan Rektor Unila Prod Karomani; Ketua Senat Unila Muhammad Basri dan Warek I Bidang Akademik Heryandi.

Mulanya, Hakim Efiyanto menanyakan Eva Diana yang masuk dalam daftar 51 mahasiswa titipan jalur afirmasi Unila. Ida kemudian mengonfirmasi bukan Diana, melainkan Eva Dwiana.

Menurut Ida, titip menitip di lingkungan sudah terjadi sejak dirinya menjadi Dekan FISIP tahun 2020 akhir. Mahasiswa titipan itu sepengetahuannya adalah anak relasi dari civitas akademika Unila.

"Saya tidak memastikan siapa saja yang lulus, mereka hanya menitip, kami kumpulkan ke Wadek I dan diteruskan ke panitia PMB. Saya tidak menerima uang, hadiah atau lainnya," katanya. [Hajim]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar