Wujudkan Tubaba Sentra Ternak, Disnakeswan akan Menjalankan Sejumlah Program

Selasa, 24 Januari 2023 14:29 WIB

Share
Kepala Disnakeswan Kabupaten Tubaba Nazaruddin (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)
Kepala Disnakeswan Kabupaten Tubaba Nazaruddin (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)

LAMPUNG POSKOTA.CO.ID -- Wujudkan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menjadi Kabupaten Sentra Ternak di Tahun 2023,  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten setempat akan menjalankan sejumlah program pelatihan dan bantuan kepada masyarakat peternak.

Kepada Lampung Poskota.co.id, Kepala Disnakkeswan Kabupaten Tubaba, Nazaruddin mengungkapkan hal tersebut, Selasa (24/01/2023).

"Untuk mewujudkan Kabupaten Tubaba Sentra Ternak , Tahun ini kita mendapatkan dukungan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," jelasnya.

Adapun peruntukannya , kata dia , untuk anggaran yang bersumber dari APBD difokuskan untuk peningkatan mutu Sumber Daya Manusia ( SDM ) melalui pelatihan pelatihan budidaya dan pelatihan pengembangan pakan ternak yang baik kepada kelompok - kelompok peternak.

"Selain itu, terdapat juga program bantuan ayam kampung untuk 9 Kelompok Wanita Tani ( KWT ) nantinya , masing-masing KWT akan mendapatkan 200 ekor ayam kampung betina berikut pakannya yang akan disalurkan sekitar triwulan ke III , " ujarnya .

Kemudian , dari APBD itu juga akan direalisasikan untuk pembelian peralatan sarana - prasarana hardware dan software dalam persiapan dan peningkatan pelayanan digital , serta sejumlah pembayaran urusan urusan wajib .

"Adapun untuk DAK , lebih difokuskan untuk belanja obat - obatan ternak dan honor para petugas lapangan yang penyalurannya melalui 4 Puskeswan , yakni Puskeswan Kecamatan Tumijajar , Tulangbawang Tengah , Gunung Terang , dan Gunung Agung.

Dengan adanya DAK itu , para peternak akan kita berikan bantuan pengobatan, pemberian vitamin, dan penyuluhan gratis untuk pengembangan hewan ternaknya . Sehingga diharapkan cita-cita kita bersama Pj.Bupati dan Gubernur Lampung dalam menjadikan Kabupaten Tubaba Sentra Ternak dapat terwujud," imbuhnya (man)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar