Wali Kota Eva Disurati Komnas HAM, Satpol PP Diduga Siksa 'Manusia Silver'

Selasa, 24 Januari 2023 19:03 WIB

Share
Ilustrasi 'manusia silver' (Foto Yohanes Adi/Poskota Lampung)
Ilustrasi 'manusia silver' (Foto Yohanes Adi/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Komnas HAM RI meminta pertanggungjawab lewat surat kepada Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana terkait dugaan penyiksaan, kekerasan, dan merendahan martabat "manusia silver" yang terjaring Operasi Nonyustisi Satpol PP Pemkot Bandarlampung.

Dalam surat Komas HAM RI No.069/PM.00/K/I/2023 tertanggal yang diperoleh Poskota Lampung dari LBH Bandarlampung, Selasa (24/1/2023), Komnas HAM menuntut Wali Kota Eva Dwiana agar dugaan kasus ini jadi terang benderang.

Komnas HAM RI menerima informasi kasus ini pada (10/1/2023). Komnas HAM meminta LBH Bandarlampung mendalami dan menguraikan kronologis peristiwa tersebut di bangunan kosong, Senin (26/12/2022), pukul 14.00  WIB.

Lewat surat tertanggal 13 Januari 2022, Komnas HAM mengurai kronologis peristiwa yang ditandatangani Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Uli Parulian Sihombing terhadap "bocah silver" saat sedang istirahat.

Korban TM, nama samaran, bersama beberapa rekannya saat sedang istirahat itu  didatangi beberapa anggota Satpol PP Kota Bandarlampung untuk mengamankan TM dan rekannya.

TM sempat berlari ke arah belakang bangunan namun dirinya tertangkap sementara rekan -rekannya berhasil melarikan diri. Para anggota Satpol PP lalu melakukan kekerasan fisik, yakni menendang dan memukul TM 

TM lalu dibawa dengan anak jalanan, tunawisma, dan pengemis menggunakan kendaraan milik Sat Pol PP menuju kantor Pol PP Kota Bandarlampung.

Setibanya di Kantor Satpol PP TM diturunkan di sebelah parkir Kantor Pol PP dan diarahkannya ke gedung semi permanen berlantai aspal,TM hanya boleh jongkok di lokasi itu dan dikelilingi puluhan anggota Satpol PP.

Salah satu oknum petugas meminta TM untuk "push up", TM sempat menolak karena kondisi kakinya masih luka, namun tiba-tiba ada salah anggota Pol PP yang memukul!nya.

Lanjutnya, ada anggota Pol PP yang menyuruh TM untuk berguling sebanyak 15 kali di atas  aspal dengan kondisi tanpa mengenakan baju,dan mengalami luka lecet.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar