Senat Unila Tetapkan 2 Calon Rektor 'Rezim Aom' dan 6 Calon 'Segar'

Rabu, 7 Desember 2022 20:43 WIB

Share
Kandidat rektor Unila Ayi Ahadiat mewakili enam wajah
Kandidat rektor Unila Ayi Ahadiat mewakili enam wajah "segar" dan kiri-kanan calon rektor yang satu "rezim" dengan tersangka korupsi Prof Karomani (Foto Net/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Senat Universitas Lampung (Unila) menetapkan delapan calon rektor, dua calon yang pernah satu tim dengan Rektor Nonaktif Unila Karomani (Aom) dan enam calon "segar" lainnya.

Kedua calon yang sempat "satu kabinet" dengan Aom adalah Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D.

Enam calon rektor  yang diharapkan bisa mengembalikan marwah sekaligus membersihkan wajah Unila pascacentang-perentang terkena kasus dugaan korupsi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri adalah:

1. Dr. Ayi Ahadiat., SE, MBA, 
2. Prof. Dr. Hamzah, SH, MH, 
3. Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., 
4. Dr. Marselina, SE, MPM, 
5. Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., 
6. Dr. Nairobi, SE, M.Si., dan 

Kedelapan calon rektor itu ditetapkan setelah rapat dengan agenda penetapan calon rektor Unila periode 2023-2027, pengantaran tahapan pemilihan rektor (Pilrek), serta memikat tata tatanan pilrek periode 2023-2027,

Rapat senat yang berlangsung di Ruang Sidang Rektorat Utama, yang langsung dipimpin Ketua Senat Unila Prof. Dr. La Zakaria, S.Si., M.Si., didampingi Sekretaris Senat Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos ., M.Si., dan Ketua Panitia Pilrek Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si.

Abdurrahman dalam laporannya menyampaikan, proses penjaringan telah berlangsung sejak 14 November 2022 dan telah memasuki berbagai tahapan antara pendaftaran lain, seleksi administrasi, hingga pengangkatan calon calon rektor.

Selain itu, panitia pemilihan rektor telah membagi jadwal sosialisasi visi, misi, dan program kerja calon rektor Universitas Lampung periode 2023-2027 ke dalam beberapa fakultas tujuan sesuai agenda yang telah disepakati.

Prof. Abdurrahman mengatakan, program pengantaran kerja bakal calon rektor di hadapan civitas akademika akan digelar di Gedung Serbaguna Unila pada 20 Desember mendatang. Adapun jumlah anggota senat yang hadir pada rapat ini sebanyak 27 orang dari total 47 undangan."katanya Kepada Lampung Poskota  Rabu (7/12/2022) melalui siaran persnya 

Sementara, Anna Gustina Zainal menambahkan, semua nama-nama anggota senat Universitas Lampung yang nantinya memiliki hak pilih dalam pemilihan rektor telah disampaikan ke Kemendikbudristek melalui Biro Hukum," tuturnya.[Hajim]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar