Empat Hari Sebelum Diganti, Bupati Parosil Diperiksa KPK

Rabu, 7 Desember 2022 13:00 WIB

Share
Bupati Parosil saat pamit dengan jajarannya tiga hari lalu (Foto Net)
Bupati Parosil saat pamit dengan jajarannya tiga hari lalu (Foto Net)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Di penghujung jabatannya, empat hari sebelum diganti, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dipanggil lembaga antirasuah terkait kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung 2022.

Dia bersama dua lainnya diperiksa di Gedung Merah Putih KPK RI, Jl. Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022), yakni Aryanto Munawar (anggota DPR RI Fraksi PKB) dan Bustomy (PNS).

Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan sudah hadir untuk dimintai keterangan sebagai saksi terhadap tersangka korupsi Rektor Nonaktif Unila Karomani (Aom).

Telah dijadwalkan, Parosil akan digantikan penjabat bupati Lampung Barat oleh Gubernur Arinal Djunaidi di Balai Keratun, Minggu (11/12/2022), kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Lampung Qodratul Ikhwan.

 

Menurut Qodratul, jabatan Parosil dan wakilnya akan berakhir pada 11 Desember 2022."Maka kita jadwalkan pelantikannya pada hari Minggu, tanggal 11 Desember," ujar Qodratul.

Walau begitu, dia mengatakan, pelantikan tersebut bisa saja diundur dan menunjuk pelaksana harian. Tapi sementara ini belum sampai ada. Jadi kita laksanakan sesuai dengan tanggalnya, katanya.

Untuk pelantikan Pj Bupati Tulangbawang, Pemprov Lampung menjadwalkan 18 Desember mendatang. alNama-nama calon Pj bupati sudah lama diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri. 

KPK telah menahan empat tersangka usai melakukan kegiatan tangkap tangan pada Jumat hingga Sabtu (19-20/8/2022), yaitu Karomani rektor periode 2020-2024; Heryandi wakil rektor I Bidang Akademik Unila; Muhammad Basri selaku ketua Senat Unila; dan Andi Desfiandi (swasta).  [Miky]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar