DPM dan PPTSP Tubaba Menggelar Bimtek Kemudahan Berusaha dan Perizinan

Selasa, 6 Desember 2022 16:49 WIB

Share
Kepala DPM&PPTSP Lukman (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)
Kepala DPM&PPTSP Lukman (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)

LAMPUNG POSKOTA.CO.ID -- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melakukan sosialisasi dan Bimbingan Teknis Kemudahan Berusaha dan Perizinan Berbasis Risiko terhadap pelaku usaha UMKM.

Kegiatan tersebut berlangsung di Wisma Asri, Tiyuh (Desa) Tirta Makmur, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten Tubaba, Selasa (06/12/2022).

"Sosialisasi ini akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 hingga 7 Desember 2022 dan sosialisasi hari ini diikuti pelaku usaha UMKM 6 Kecamatan yakni, Kecamatan Way kenanga, Gunung Agung, Batu Putih, Lambu Kibang, Gunung Terang dan Pagar Dewa. Yang mana setiap Kecamatan di wakili 6 sampai 8 orang pelaku usaha UMKM," terang Kepala DPM&PPTSP Lukman.

Kemudian, lanjut dia, untuk besok akan diikuti pelaku usaha UMKM di 3 Kecamatan yakni, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Tulangbawang Udik (TBU) dan Tumijajar.

Selain itu, Lukman menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada para pelaku usaha terhadap kewajiban dan ketentuan pelaksanaan penanaman modal.

"Termasuk di antaranya untuk mendapatkan kemudahan perizinan berusaha demi meningkatkan realisasi investasi dalam wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat," paparnya.

Selain itu, untuk mempermudah masyarakat mengurus izin  usaha bisa mereka input melalui aplikasi OSS yang bisa di download di PlayStore di handphone android mereka masing-masing.

"Kini, dengan adanya OSS proses pengurusan izin dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, pengurusan izin melalui OSS dilakukan secara online sehingga dapat dilakukan serta prosesnya dapat dilakukan dimana saja," ujarnya.

"Saya berharap mereka yang mengikuti sosialisasi UMKM hari ini bisa menularkan atau mengajarkan kepada pelaku Usaha UMKM yang tidak mengikuti sosialisasi hari ini. Sehingga selama ini mereka tidak tau menjadi tau serta untuk peserta yang mengikuti hari ini kita berikan sertifikat bukti kalau dia sudah mengikuti sosialisasi ini," imbuhnya (man)

Editor: Bila
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar