Pelaku Usaha Batu Belah Sepakat Segera Bentuk Koperasi

Minggu, 4 Desember 2022 19:57 WIB

Share
Ketua Perhimpunan Batu Belah Samsudin (Foto Khairudin/Poskota Lampung)
Ketua Perhimpunan Batu Belah Samsudin (Foto Khairudin/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Perhimpunan pelaku usaha batu belah Kabupaten Lampung Timur akan segera membentuk koperasi guna menunjang kegiatan usaha para pengusaha batu belah serta dapat memberikan kepada pemerintah.

Hal itu terungkap pada pertemuan antara pelaku usaha batu belah dengan Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Timur, Kadinda Lamtim serta sejumlah asosiasi di sekretariat Perhimpunan Pelaku Usaha Batu Belah Lampung Timur di Sukadana, Rabu (30-11). Hadir pada pertemuan tersebut Ketua Perhimpunan Batu Belah Samsudin dan anggota, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Budi Yul Hartono dan jajaran, Ketua Kadinda  Lampung Timur Sidik Ali serta sejumlah pengurus asosiasi.

Samsudin mengatakan, selama belasan tahun, pelaku usaha batu belah daerah itu jalan masing-masing tanpa koordinasi dengan pihak terkait yakni pemkab setempat. Sehingga hal itu kurang memberi kenyamanan bagi para pelaku uasaha tambang galian C tersebut. Apalagi selama ini para pelaku usaha batu belah terganjal soal perijinan.
"Dengan terbentuknya forum atau perhimpunan, Alhamdulillah pemerintah telah ikut campur dan akan menerbitkan ijin tambang,"kata Samsudin.

Sambil menunggu ijin terbit, para pelaku usaha batu belah yang jumlahnya sekitar 65 pengusaha yang trsebar di sejumlah kecamatan di Lampung Timur itu sepakat membentuk sebuah wadah berbentuk koperasi.
"Untuk nama koperasi, kami punya dua nama yakni Sinar Batu Timur dan Berkah Batu Timur. Tinggal pilih salah satu,"ujar Samsudin.

Dengan dibentuk wadah koperasi, diharapkan selain dapat mengayomi  para pengurus dan anggota, wadah tersebut mampu  sebagai penyangga ekonomi yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi galian C tambang batu belah.
"Secara teknis, kami telah mendapat banyak masukan dari Dinas Koperasi dan UMKM,"ujar Samsudin.

Oleh sebab itu, kata dia, karena wadah tersebut dipandang penting bagi semua pihak, maka pelaku usaha batu belah daerah itu berharap koperasi yang akan dibentuk itu segera terwujud.
"Insya Allah semua teman-teman nggak keberatan. Sebab, hal ini untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya,"kata dia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Timur Budi Yull Hartono menyambut baik rencana pendirian wadah koperasi oleh Perhimpunan Pelaku Usaha Batu Belah daerah itu. Dengan dibentuknya wadah yang dilindungi Undang-Undang itu, akan saling menguntungkan semua pihak. Keuntungan dimaksud, selain para pengusaha itu menggairahkan serta menghidupkan  koperasi, maka di pihak pemerintah ke depan mampu mendongkrak pendapatan lewat  kegiatan para pelaku usaha tersebut.
"Secara teknis, kami sangat mengapreriasi teman-teman pelaku usaha  batu belah yang ingin membentuk badan koperasi. Sebab, hal akan saling membantu dan menguntungkan semua," kata Budi Yull Hartono.
[Khairuddin]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler