Presiden Lantik Guntur Hamzah Sebagai Hakim Konstitusi, Pengganti Aswanto

Kamis, 24 November 2022 13:09 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat melantik Guntur Hamzah sebagai Hakim Konstitusi. (biro pers)
Presiden Joko Widodo saat melantik Guntur Hamzah sebagai Hakim Konstitusi. (biro pers)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Presiden Joko Widodo melantik calon hakim konstitusi M. Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pengangkatan Guntur sebagai hakim konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 114/P Tahun 2022.

Guntur merupakan pengganti Aswanto yang dicopot dari jabatannya sebagai satu dari sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan Guntur Hamzah yang semula merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) MK.

Pencopotan Aswanto itu sebelumnya banjir kritik karena sangat mendadak dan berbau politik. Sejumlah kalangan sempat menentang keputusan DPR RI ini. Dikutip lampung.poskota.co.id dari laman poskota.co.id

 

Guntur lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Januari 1965, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK). 

Dalam keterangannya usai pengucapan sumpah, Guntur meminta doa kepada masyarakat agar ia dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik. "Mohon doakan semoga saya bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya," ucap Guntur.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan bahwa dalam sistem ketatanegaraan Indonesia terdapat lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Menurutnya, presiden tidak bisa mengubah keputusan yang sudah ditetapkan oleh lembaga negara yang lain, dalam hal ini adalah DPR. 

"Itu pertama, jadi presiden tidak bisa mengubah keputusan yang telah ditetapkan oleh DPR dalam hal ini adalah pengusulan penggantian hakim MK," ujar Pratikno.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar