BMKG Catat 171 Kali Gempa Susulan di Cianjur, Jawa Barat

Rabu, 23 November 2022 20:14 WIB

Share
Presiden Jokowi saat melihat kondisi kerusakan akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat (Foto Net)
Presiden Jokowi saat melihat kondisi kerusakan akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat (Foto Net)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- BMKG mencatat gempa susulan ada 171 kali Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Terakhir, gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,5 di pusat gempa 9 km Barat Daya Cianjur pada kedalaman 5 kilometer.

Dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.49 WIB, ada 171 gempa, kata Deputi Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi lewat konferensi persnya. 

Hujan deras juga mengguyur wilayah bencana tersebut. Dia memprediksi hujan akan terus turun hingga esok hari. Redanya tengah malam.

 

Sebelumnya, Senin (21/11/2022), pukul 13.21 WIB, gempa M 5,6 mengguncang Cianjur hingga Jakarta, Sukabumi, Bogor, Bandung, hingga Depok.

Titik gempa berada di 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur. Di Jakarta, warga merasakan getaran yang kuat selama beberapa detik di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga Jakarta Pusat.

Gedung yang terasa bergetar di Rumah Sakit Tumbuh Kembang Depok, Mapolda Metro Jaya, PN Jakarta Selatan, Gedung DPR Jakarta Pusat, Balai Kota Jakarta, hingga Kampus IPB Bogor.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan potensi gempa susulan dan mengimbau masyarakat keluar dari gedung sementara. Diduga, kuatnya gempa akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri. [MIKY]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar