Ini Realisasi DD Tahun Anggaran 2022 di Tiyuh Candra Jaya

Selasa, 22 November 2022 19:09 WIB

Share
Kepala tiyuh Candra Jaya salim (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)
Kepala tiyuh Candra Jaya salim (Foto Rohman/Lampung Poskota.co.id)

LAMPUNG POSKOTA.CO.ID -- Realisasi Dana Desa (DD) Tiyuh (Desa), Candra Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Tahun Anggaran (TA) 2022, telah dialokasikan terhadap Tiga program dikelola secara transparan dan akuntabilitas untuk kesejahteraan Ekonomi masyarakat.

Kepada Lampung Poskota.co.id, Kepala Tiyuh Candra Jaya, Salim, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba, mengungkapkan hal tersebut, Selasa (22/11/2022).

"Dana Desa (DD) yang dikelola telah direalisasikannya dengan baik sesuai instruksi kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) Republik Indonesia (RI) Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas pengguna Dana Desa (DD) Tahun 2022," papar salim.

Dia menerangkan bahwa DD yang kami kelola selalu mengedepankan asas mufakat dan musyawarah bersama masyarakat dibidang program perlindungan sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT) 98 KPM selama satu tahun dengan besaran setiap bulan Rp. 300 ribu masyarakat

Selain itu, dia memaparkan DD tersebut sebesar 20 persen difokuskan pada program ketahanan pangan upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakatnya.

“Sesuai usulan masyarakat pada tahun 2021 sebelumnya dalam musrenbang tingkat Tiyuh maka kita telah merealisasikan kegiatan peningkatan jalan usaha tani dengan volume 1500 meter di Rk 5 Rw 4, bantuan pupuk organik dengan total anggaran Rp.27 juta dan bantuan kambing di tahap 1 dan 2 baru disalurkan sebanyak 25 ekor yang dikelola oleh kelompok tani serta pembuatan kandangnya,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, mereka juga mengelola Hortikultura dan Toga, yang mana untuk hortikultura mereka menanam sayuran-sayuran di suku 3. Sedangkan Toga mereka menanam bibit obat-obatan tradisional seperti jahe, kunyit, kencur dan lain sebagainya.

"Harapan saya dengan adanya pemberdayaan ini bisa meningkatkan perekonomian hidup masyarakat yang lebih baik lagi khususnya masyarakat Tiyuh Candra Jaya " imbuhnya [man]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler