Pemerintah Dinilai Lamban, Warga Bakar Mobil, Kantor, Mess Perusahaan Perkebunan Sawit
Minggu, 20 November 2022 11:33 WIB
Share
Warga bakar fasilitas perusahaan perkebunan sawit (Foto Zen Sunarto/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Ratusan warga dari enam kampung membakar mobil, kantor, mess, dan sejumlah fasilitas PT Gunung Aji Jaya di Kecamatan Pubian, KabupatennLampung Tengah, Sabtu siang (17/11/2022).

Menurut beberapa warga, mereka melampiaskan kemarahannya karena pemerintah lambat menyelesaikan sengketa pertanahan mereka dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Warga mengatakan hak guna usaha ( HGU) perusahaan telah habis. Mereka juga heran izin awalnya HGU perkebunan coklat, tapi mengapa berubah jadi perkebunan sawit. 

Anggota DPRD Lampung Tengah H. M. Hakki, SH membenarkan pengrusakkan itu bentuk kekesalan warga terhadap pemerintah yang dinilai lambat menyelesaikan sengketa lahan.

 

"Sudah dimediasi oleh Bupati, tapi mana hasilnya. Jangan menganggap masyarakat ini bodoh semua", ujar Hakki melalui sambungan telepon kepada Poskota Lampung, Sabtu malam (19/11/2022).

Dia meminta pemerintah segera menyelesaikan sengketa tanah tersebut dengan melibatkan tokoh adat, kepala kampung, camat, tokoh pemuda dan pihak terkait sehingga konflik tidak berkepanjangan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Poskota Lampung belum memeroleh keterangan resmi dari pihak kepolisian. Aparat keamanan tak bersedia mengomentari aksi warga tersebut.

Polisi dari Polres Lampung Tengah dan Polsek jajaran, masih berjaga-jaga dilokasi, tempat kejadian perkara (TKP). [Zen Sunarto]