Seragam Baru Pelajar, Wali Kota Eva Usahakan Tak Beratkan Orangtua Murid

Kamis, 13 Oktober 2022 19:16 WIB

Share
Ketentuan seragam baru pelajar dan Wali Kota Eva Dwiana (Foto Hajims/Poskota Lampung)
Ketentuan seragam baru pelajar dan Wali Kota Eva Dwiana (Foto Hajims/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -  Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana menyampaikan aturan terbaru seragam sekolah SD hingga SMA dari Kemendikbud Ristek mulai 7 September 2022.

Dia mengatakan akan mengkaji lebih dulu Peraturan Mendikbud Ristek No.50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam aturan terbaru tersebut termasuk soal baju adat yang dikenakan siswa pada hari atau acara adat tertentu, ujar Wali Kota Eva Dwiana.

Pemkot Bandarlampung juga, katanya, akan menyosialisasikan lebih dulu aturan baru ininkepada para orangtua murid. “Insyaallah, kami bahas lebih lanjut. Yang penting, kami tak menyusahkan orangtua murid,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Dalam Permendikbud Nomor 50 tahun 2022 tersebut, aturan mengenai pakaian seragam sekolah memiliki beberapa tujuan, seperti menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme, kebersamaan serta memperkuat persaudaraan antara siswa.

Aturan terbaru seragam sekolah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan antarsiswa tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orang tua atau wali siswa serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.

Dalam Pasal 3 disebutkan ada tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian seragam khas sekolah.

Sementara pada Pasal 4, Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik pada sekolah.

Berikut ketentuan seragam sekolah terbaru.

Model dan warna seragam nasional

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler