Ada Gambar Daun dan Ikan di Gua Orang Lampung Zaman Batu

Kamis, 13 Oktober 2022 10:20 WIB

Share
Foto gambar di gua dan Anshori Djausal bersama Oki Laksito ketika membahas temuan yanv diduga ada jejak pemukiman orang Lampung pada Zaman Batu Menengah (Foto HBM/Poskota Lampung)
Foto gambar di gua dan Anshori Djausal bersama Oki Laksito ketika membahas temuan yanv diduga ada jejak pemukiman orang Lampung pada Zaman Batu Menengah (Foto HBM/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Lampung melihat ada ukiran gambar seperti daun dan burung di gua yang diduga tempat pemukiman orang Lampung pada Zaman Batu Tengah (Mesolitikum).

Dia memeroleh gambar-gambar situasi gua yang ada di Kabupaten Tanggamus dan diduga ada ukiran karya seni ribuan tahun lalu seperti daun dan burung dari Ketua Forum Juru Pelihara Cagar Budaya (FJPCB) Provinsi Lampung Haroni. 

Dijelaskan Anshori, daun tersebut diperkirakannya layangan buat memancing ikan. Di beberapa gua, ada gambar serupa, daun lebar yang kering jadi layangan untuk memancing ikan agar menjangkau wilayah lebih luas.

"Di Teluk Lampung, tradisi itu masih ada untuk memancing ikan-ikan kecil sekitar pantai. Beberapa orang asing pernah melihat dan menerbitkan tulisan tentang hal ini," katanya kepada Poskota Lampung, Kamis (13/10/2022).

Anshori berpendapat temuan awal ini harus diteliti lebih lanjut. Dia bersama Tim TACB Provinsi Lampung rencana akan segera ke lokasi untuk melihat langsung sekaligus mengambil foto dan mengumpulkan informasi awal tentang gua tersebut.

Jika dugaan gua tersebut merupakan permukiman orang Lampung Zaman Mesolitikum merupakan temukan yang sangat luar biasa. "Ada jejak pemukiman purba di Lampung," kata Oki Laksito, arkeolog dan kurator museum.

Apa lagi ada ukiran yang diduga berupa daun dan burung, tak semua daerah memiliki bukti sejarah penting umat manusia. Kawasan tersebut dapat menjadi daerah penting arkeologi sekalian destinasi wisata.

Oki memperkirakan gua Zaman Mesolitikum tersebut sudah mulai jadi pemukiman 10 ribu tahun lalu. "Berdasarkan pertanggalan relatif," ujarnya. Zaman Mesolitikum dikenal juga sebagai Zaman Batu Tengah atau Batu Madya.

Ciri utama peradaban pada periode ini adalah kehidupan semi nomaden. "Sebagian manusianya saat itu telah hidup menetap di gua-gua dan yang lainnya masih berpindah-pindah," kata Oki 

Selain food gathering, masyarakatnya mulai mengenal tradisi bercocok tanam. Masyarakatnya juga telah mengenal sistem organisasi sosial dan pembagian kerja.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler