Sekda Lambar Pastikan Kesiapan untuk Diresmikannya Lamban Pancasila

Selasa, 27 September 2022 06:51 WIB

Share
Sekdakab Lambar Nukman pastikan kesiapan peremian Lamban Pancasila.(Foto Erwan/Poskota Lampung)
Sekdakab Lambar Nukman pastikan kesiapan peremian Lamban Pancasila.(Foto Erwan/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Sekdakab Lampung Barat Nukman meninjau finalisasi pembangunan Lamban Pancasila dalam rangka peresmiannya dalam waktu dekat di Komplek Kantor Pemkab setempat, Senin (26/092022). 

Pasalnya, dalam sejumlah kabar yang telah disiarkan berbagai media massa, peresmian gedung yang menelan anggaran belasan miliar itu bakal dilakukan di penghujung tahun 2022. 

"Peninjaun ini dilakukan untuk melihat lebih detail pada setiap ruang dan fasilitas yang ada hal ini dilakukan untuk mengecek kesiapan gedung sebelum diresmikan," katanya.

Selain Nukman, nampak Asisten Bidang Perekonominan dan Pembangunan Wasisno Sembiring bersama sejumlah Kepala OPD lain. diantaranya Kadis PUPR Lambar, Ansari. 

Dikatakan Nukman, tujuan direalisasikannya Lamban Pancasila ialah untuk melakukan sarana pembinaan, perlombaan dan pertunjukan khususnya pada kebudayaan. 

"Tentu yang diharapkan pertama ialah agar adanya Lamban Pancasila ini untuk bisa dijadikan sarana dalam melakukan pembinaan," terangnya. 

Lanjut dia, selain sebagai sarana pembinaan, Lamban Pancasila ditujukan sebagai sarana refresentatif adat budaya yang melekat erat di Kabupaten setempat. 

Seperti adanya Kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak yang diyakini peradaban dan historisnya berada di Kabupaten Beguwai Jejama. 

"Gedung ini juga terbagi menjadi berapa ruangan diantaranya ruang Kepaksian Bejalan di Way, ruangan Kepaksian Nyerupa, ruangan Kepaksian Pernong dan Ruangan Kepaksian Belunguh serta Gedung Hippun Kepaksian," jelasnya.

Sejumlah ruangan itu kata Nukman, sejatinya menunjukkan ciri khas Kabupaten Lampung Barat yang dikombinasikan dengan ikon Lamban Pancasila, mengingat di tengah-tengah gedung disematkan Lambang Burung Garuda. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar