Hadiri Peringatan HUT Lambar, Suttan Buway Bejalan Diway Dukung Eksistensi Kebudayaan

Sabtu, 24 September 2022 16:30 WIB

Share
(Foto Erwan/ Poskota Lampung)
(Foto Erwan/ Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Suttan Kepaksian Buway Bejalan Diway, yang mulia Pun Salayar Akbar Puspa Negara, Gelar Suttan Jaya Kesuma IV Suttan Sekala Bekhak Ke 20  turut hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat Ke 31 di Lapangan Pemkab setempat, Sabtu (24/9/2022). 

Menurut salahsatu raja Kepaksian Sekala Bekhak ini, peringatan tiga dekade lebih usia daerah Bumi Beguway Jejama ini telah menunjukan banyak progres. Utamanya, pada sisi adat budaya dan infrastruktur. 

Hal tersebut hematnya, tercermin terkait adanya Lamban Budaya sebagai keterpihakan Pemkab Lambar dalam membumikan adat istiadat di Kabupaten yang berdiri sejak 24 September 1991 pemekaran Kabupaten Lampung Utara silam. 

"Selama ini perhatian pemerintah di bidang kebudayaan sudah sangat baik diantaranya mendirikan gedung budaya serta memberikan beasiswa kepada Mahasiswa Seni budaya," ujar yang mulia Suttan Selayar Akbar, kepada media ini. 

"Sebagai tokoh adat saya berharap bisa ditingkatkan kembali," sambungnya. 

Selain mempunyai produk signifikan, tokoh adat sekaligus tokoh berdirinya Kabupaten Lampung Barat ini menitipkan pesan moril agar momentum HUT menjadi salahsatu wasilah refleksi. 

"Mari kita jadikan Hari Ulang Tahun Lambar ini sebagai momentum bagi kita untuk bersatu dan bahu membahu membangun Lampung barat dengan kapasitas kita masing-masing,"

Karena hematnya, tugas memajukan daerah  bukan tugas Pemkab semata, melainkan peran semua pihak dan elemen masyarakat. 

Ia berharap, dalam setiap era kepemimpinan agar Pemkab setempat senantiasa mempertahankan dan memperhatikan kearifan lokal sebagai sebuah nilai kebudayaan ditengah era digitalisasi. 

Mengingat terang Suttan Selayar Akbar, budaya dan perangkatnya adalah salahsatu kekuatan bangsa yang relevan dalam setiap peradaban manusia. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler