Pameran Kriya Nusa 2022 di Jakarta, Deskranasda Provinsi Lampung Tampilkan Kain Lawas Palepai Lampung dan Madu Aro

Minggu, 18 September 2022 13:32 WIB

Share
(Diskominfotik Provinsi Lampung)
(Diskominfotik Provinsi Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Provinsi Lampung, direncanakan akan menampilkan  kain lawas Lampung "Kain Kapal" atau Palepai Lampung dan Madu Aro pada event Kriya Nusa 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada 21-25 September 2022.

Pada ajang tersebut Provinsi Lampung mendapat kepercayaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat untuk menjadi ikon dalam Pameran Kriya Nusa Tahun 2022.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung,  Riana Sari Arinal menjelaskan, setelah dilakukan pembahasan secara matang  dengan Tim Ahli Dekranasda Ir. H. Ansori Djausal, MT, dan dihadiri Sekretaris Dekranasda Hj. Rusdiana Dewi, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perindag Elvira Ummihani dan pengurus Dekranasda maka  dalam kesempatan tersebut Deskranasda Provinsi Lampung memutuskan untuk  menampilkan kain tapis dan Madu Aro yang akan dipajang pada event Kriya Nusa 2022 di  stand Dekranasda Provinsi Lampung, disertai tampilan kain palepai yang merupakan kain lawas. Kain Palepai tersebut adalah milik Ibu Roslina, salah seorang kolektor Tapis asal Kalianda Lampung Selatan. 

Kriya Nusa merupakan agenda tahunan dengan penyelenggara Dekranas Pusat, yang direncanakan pada pembukaannya akan dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Adapun tema pameran Kriya Nusa 2022 adalah "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" dengan Tagline "Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia". 

 

 

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung,  Riana Sari didampingi Sekretaris Dekranasda Rusdiana Dewi menambahkan, suatu kebanggaan bagi Provinsi Lampung pada event Kriya Nusa 2022, karena Provinsi Lampung menjadi ikon. Tentunya lanjut Riana Sari, suksesnya kegiatan nasional ini sangat tergantung persiapan Tim Dekranasda Provinsi Lampung.

Riana Sari Arinal juga menyampaikan bahwa  pada event tersebut telah dilakukan berbagai persiapan baik oleh Dekranasda Kabupaten/Kota  maupun para perajin Lampung yang akan ikut berpartisipasi dalam pameran, untuk itu Riana Sari sangat mengapresiasi para ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang sudah mempersiapkan materi pameran event Nasional yang diikuti oleh semua Dekranasda se-Indonesia.

Riana Sari juga  mengatakan, Dekranasda merupakan  salah satu elemen terpenting penggerak industri kerajinan di Indonesia. Dekranas didirikan untuk mendukung pemerintah dalam upaya untuk membina, mengembangkan, melestarikan dan mempromosikan keragaman produk budaya yang bernilai tinggi dan berdaya saing global.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler