'Wat-Wat Gawoh', Perempuan Disia-siakan Timsel Bawaslu Lampung

Minggu, 7 Agustus 2022 10:46 WIB

Share
Yusdianto, Tuntun Sinaga, dan Diah Dharma Yanti (Foto Ist)
Yusdianto, Tuntun Sinaga, dan Diah Dharma Yanti (Foto Ist)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Para aktivis, akademisi, dan berbagai elemen masyarakat "tekanjat" pekan ini, Bawaslu Lampung bakal tak ada keterwakilan perempuan selama periode 2022-2024.

"Ini namanya 'wat-wat gawoh'... Pansel yang perempuan tidak peduli terlebih mau memperjuangkan keterwakilan perempuan," ujar akademisi dari Universitas Lampung (Unila) Dr. Yusdianto.

Diurainya, panselnya dari lima orang ada dua yang perempuan. Hasil seleksinya yang masuk 12 besar ada 3 perempuan. "Begitu masuk 6 besar kok nol perempuan, 'wat-wat gawoh' (ada-ada saja)," ujarnya.

Aktivis perempuan Diah Dharma Yanti mengatakan penetapan enam nama calon anggota Bawaslu Lampung tak memperhatikan pasal 92 ayat (11) UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Bagaimana mungkin penyelenggara pemilu mewajibkan kepengurusan partai politik dan pada tahapan pencalonan legislatif harus memenuhi 30 persen kuota perempuan?” tanya aktivis perempuan dan anggota DPRD Lampung Aprillianti.

Politikus dan pengamat kebijakan publik Nizwar Affandi mempertanyaka siapa yang memasukan urutan ke-5 dan ke-6 dari ranking hasil penilaian Timsel? Mungkin, kepentingan memasukkan mereka itulah yang menyebabkan kuota perempuan diabaikan, duganya.

Ketua Timsel Bawaslu Lampung 2022-2027 Tuntun Sinaga mengatakan, telah menjalankan tugas sesuai ketentuan yang berlaku, yakni berdasarkan nilai tertinggi hasil seleksi.

Tidaklah wajib soal keterwakilan 30 persen perempuan dalam komposisi anggota Bawaslu seperti dimuat di Pasal 10 ayat (7) dan Pasal 92 ayat (11) UU Pemilu tahun 2017, katanya.

Menurut dia, anggota Bawaslu Lampung Periode 2022-2027 yang nantinya akan dipilih tiga orang laki-laki ini tak akan jadi soal. Pasalnya, tahun depan akan dilakukan rekrutmen empat anggota Bawaslu Lampung untuk menggantikan komisioner yang habis masa jabatannya.

Enam Calon Anggota Bawaslu Lampung yang lolos tes kesehatan dan wawancara adalah: Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar, dan Staf Bawaslu Lampung yang juga adik Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Hamid Badrul Munir. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar