Mahasiswa dan Pemuda Asal Sumsel Gagas Buat Satu Wadah Batanghari Sembilan

Minggu, 7 Agustus 2022 20:40 WIB

Share
Mahasiswa dan Pemuda Asal Sumsel Gagas Buat Satu Wadah Batanghari Sembilan
Darussalam (baju batik) dan Abshor Marantika saat membahas gagasan pembuatan wadah pemuda Batanghari Sembilan (Foto Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Tokoh Keluarga Besar Batanghari Sembilan (KBBS) Darussalam menggagas pembuatan wadah bagi para pemuda asal Sumatera Selatan (Sumsel) yang ada di Provinsi Lampung.

Wacana ini dilempar olehnya kepada berbagai elemen organisasi mahasiswa dan pemuda asal Sumatera Selatan yang ada di Provinsi Lampung di sekretariat Ikatan pemuda Mahasiswa Semendo Wilayah Lampung (IPMS), Lantai 2, Akademi Pariwisata Lampung, Jl. ZA. Pagar Alam No.1, Labuhanratu, Kedaton, Kota Bandarlampung, Minggu malam (7/8/2022).

Didampingi tuan rumah, Abshor Marantika yang juga tokoh KBBS, Darussalam memaparkan alasan gagasannya sekaligus pemaparan secara singkat sejarah suku-suku dari Provinsi Sumatera Selatan. 

"Selama ini, organisasi mahasiswa dan para pemuda asal Sumatera Selatan terpecah-pecah dalam ikatan atau wadah kesukuan. Dengan organisasi ini, kita berharap semuanya bersatu dalam satu wadah dalam pembinaan KKBS," ujar Ketua Dewan Penasehat KBBS Provinsi Lampung

Diceritakan Darussalam, ada Sungai Batanghari Sembilan yang mengalir ke sembilan wilayah suku besar di Sumatera Selatan. "Gagasan nama organisasi berdasarkan nama sungai itu berawal dari tokoh Taufik Kemas," katanya.

Abshor Marantika menyambut baik gagasan ini. Diakuinya, belum ada wadah yang menyatukan berbagai wadah organisasi mahasiswa dan kepemudaan asal Sumatera Selatan di Provinsi Lampung. 

Dia mengusulkan gagasan ini dilanjutkan pembentukan kelompok kerja (pokja) dan sowan kepada para tokoh senior KBBS. Kedua tokoh KBBS ini mengingatkan organisasi ini nonpolitik, fokus pada silaturahmi dan pelestarian budaya. 

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh wakil dari Ikatan Pemuda Mahasiswa Semende Wilayah-Lampung (IPMS), Ikatan Pemuda Mahasiswa Semende Wilayah-Lampung (IPMS), Pemuda OKU Selatan (Porsela), dll.

Ada 10 mahasiswa/pemuda berkumpul sangat antusias mendukung gagasan pembentukan wadah pemuda Batanghari Sembilan. Mereka menyatakan siap bekerja mewujudkan gagasan Darussalam dan Abshor Marantika. 

Rencana, mereka akan mengerucutkan gagasan ini dengan target deklarasinya pada saat Mubes KKBS berikut aksi-aksi budaya yang diharapkan tampil dari para mahasiswa dan pemuda Batanghari Sembilan. [HBM]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar