Dokter Ini Pisahkan Bocah Kembar Siam dengan Operasi Virtual 2 Negara Selama 27 Jam

Selasa, 2 Agustus 2022 09:30 WIB

Share
Operasi bayi kembar siam secara virtual. (Mylondonnews)
Operasi bayi kembar siam secara virtual. (Mylondonnews)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Kabar gembira, ahli bedah ini berhasil memisahkan otak dan tubuh dua bocah kembar siam, lewat operasi maraton selama 27 jam, lho.

Mereka adalah Bernardo Arthur Lima, dari Brasil.

Keduanya merupakan kembar siam dengan kepala menempel, dan sempat menjalani beberapa operasi di Rio de Janeiro.

Kemudian, Bernardo dan Arthur melakukan perjalanan ke London, untuk operasi yang mengubah hidup mereka. Dikutip Lampung.poskota.co.id dari laman Poskota.co.id

Menariknya, operasi mereka dilakukan secara virtual menggunakan headset VR.

Para ahli bedah di London dan Rio de Janeiro bekerja sama, yakni memakai menggunakan headset VR, sehingga mereka bisa berada di ruangan yang sama satu sama lain, meskipun terpisah sejauh 6.000 mil.

Melansir dari My London News,ahli bedah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan operasi menggunakan virtual, guna memindai CT dan MRI milik Bernardo dan Arthur.

Ahli bedah anak Noor ul Owase Jeelani menggambarkan hal ini sebagai ‘barang zaman ruang angkasa.’

Ahli bedah saraf Inggris di Great Ormond Street Hospital itu berhasil memisahkan kedua anak kembar itu yang memiliki otak menyatu melakukan operasi yang terakumulasi selama 27 jam.

"Luar biasa, sangat bagus untuk melihat anatomi dan melakukan operasi sebelum Anda benar-benar menempatkan anak-anak pada risiko apa pun,” jelas Jeelani.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar