6 Manfaat Daging Kambing

Jumat, 15 Juli 2022 09:29 WIB

Share
Menu kambing guling menjadi salah satu andalan di Kedai Bukit Sentul milik Bang Zen. (foto: ist)
Menu kambing guling menjadi salah satu andalan di Kedai Bukit Sentul milik Bang Zen. (foto: ist)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Selain dikenal karena kelezatannya, daging kambing memang diidentikan dengan makanan yang bisa memicu kolesterol hingga darah tinggi. Tapi apakah memang benar demikian?

Melansir laman Live Strong, daging kambing ternyata memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah daripada daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein. Sementara itu, kandungan lemaknya hanya mencapai dua gram saja. Daging kambing juga rendah kolesterol dan tidak mengandung karbohidrat. Namun perlu diingat, daging yang dimaksud ialah murni daging merah tanpa jeroan seperti usus, babat, atau otak. Sedangkan untuk mitos yang menyebutkan daging kambing sebagai pemicu tekanan darah tinggi, tidaklah sepenuhnya benar. Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK menuturkan, mitos tersebut sudah usang.

Dikutip lampung.poskota.co.id dari laman poskota.co.id, daging kambing memiliki sejumlah manfaat kesehatan dengan catatan teknik pengolahannya yang harus tepat. Berikut manfaat daging kambing:

1. Mencegah kanker Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2. Anti inflamasi Daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3.  Mencegah anemia Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.

4. Membakar lemak Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet. 

5. Meningkatkan kesehatan mental Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing membantu meredakan stres dan depresi.

6. Mencegah stroke dan gangguan ginjal Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke

Editor: Bila
Sumber: Poskota.co.id
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler