Dibangun Mahal dan Lama, Menara Masjid Al Furqon Masih Mubazir

Kamis, 7 Juli 2022 15:23 WIB

Share
Menara Masjid Al Furqon menjulang tinggi di tengah Kota Bandarlampung. Dari menara yang rencana dibuka buat umum, siapa pun dapat menikmati keindahan kota dari ketinggian (Foto Ist/Poskota Lampung)
Menara Masjid Al Furqon menjulang tinggi di tengah Kota Bandarlampung. Dari menara yang rencana dibuka buat umum, siapa pun dapat menikmati keindahan kota dari ketinggian (Foto Ist/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID --  Menara Masjid Al Furqan yang dibangun tiga tahun senilai Rp20 miliar masih mubazir sebagai salah satu destinasi wisata melihat Kota Bandarlampung dari ketinggian 144 meter.

Menara yang dibangun era Wali Kota Herman HN dari tahun 2017 hingga 2019 diresmikan Wali Kota Eva Dwiana, Jumat (18/6/2021). Menara tersebut digadang-gadang akan menjadi ikon baru wisata di Kota Bandarlampung.

Namun, sejak diresmikan setahun lalu, Menara Masjid Al Furqon tak kunjung dibuka untuk umum. Meski, di dalamnya, sudah dilengkapi fasilitas lift untuk mempermudah warga yang ingin melihat kota dari ketinggian.

Pemkot telah menghibahkan fasilitas tersebut. Namun, sepertinya, pihak pengelola, Yayasan Masjid Al Furqon tak mampu mengelolanya sebagai destinasi wisata. Mereka "angkat tangan".

Alasan Sekretaris Yayasan Masjid Al-furqan Heri Darso, pihaknya belum memiliki SDM, sarana prasarana, dan anggaran operasional buat pemeliharaan lift, kebersihan, dll.

"Kita akan mencoba berkomunikasi lagi dengan Pemkot Bandarlampung," katanya kepada Poskota Lampung, Kamis (7/7/2022).

Dia mendukung program Pemkot Bandarlampung dalam pembangunan, termasuk berdirinya Menara Masjid Al Furqan sebagai ikon wisata religi. Namun, yayasan belum tahu bagaimana mengelolanya.

"Apalagi ini kan ada liftnya, untuk maintenance butuh tenaga, kita berharap Pemkot Bandarlampung bisa menyediakan tenaga maintenance untuk Menara Al Furqan ini," paparnya.

Heri Darso paham tidak bisa lama-lama tak digunakan karena semakin lama bakal semakin tidak berfungsi akibat kena karat dan mungkin juga mesinnya jadi macet.

Menara Masjid Al Furqon memiliki tinggi 114 meter yang mencerminkan jumlah surat yang ada dalam Alquran. Sebagai akses, menara ini dilengkapi fasilitas lift hingga ketinggian 100 meter.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler