Siti Nurbaya Peroleh Gelar Profesor dari Universitas Brawijaya (UB)

Sabtu, 25 Juni 2022 17:05 WIB

Share
Siti Nurbaya Peroleh Gelar Profesor dari Universitas Brawijaya (UB)
Siti Nurbaya saat membacakan pidato pengukuhannya (Foto Ist)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Senat Akademik Universitas Brawijaya (UB) mengukuhkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sebagai guru besar (profesor) kehormatan di Samanta Krida Kampus UB Malang, Sabtu (25/6/2022).

Dipimpin Ketua Senat Ariffin, sidang pidato pengukuhan, Siti Nurbaya mengetengahkan judul “Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Inovasi Tata Kelola Lingkungan Hidup dan Kehutanan.”

Hadir Rektor UB Nuhfil Hanani, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Mantan Ketua DPD RI Ginandjar Kartasasmita.

Menurut Rektor Universitas Brawijaya Nuhfil Hanani, Siti Nurbaya adalah profesor kehormatan pertama dari Fakultas Pertanian. Sementara fakultas lain seperti Fakultas Ilmu Administrasi telah memiliki tiga profesor kehormatan diantaranya Profesor Ginandjar Kartasasmita dan Profesor Fadel Muhammad yang kini Wakil Ketua MPR.

“Hari ini dikukuhkan Siti Nurbaya sebagai guru besar Fakultas Pertanian dalam bidang manajemen sumber daya alam. Sangat langka bidang ini, di Indonesia mungkin jari lima saya tidak sampai,” katanya.

Nuhfil Hanani yang juga guru besar pada Fakultas Pertanian UB menjelaskan, untuk menjadi profesor kehormatan sangat luar biasa kriterianya. “Apa lagi sekarang Universitas Brawijaya diproyeksikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bukan lagi universitas kelas Indonesia tetapi dipromosikan universitas kelas dunia,” ujarnya.

 

 

Andi Desfiandi dan Erick Thohir juga hadir pada acara tersebut (Foto Andi Desfiandi)

Untuk bidang agriculture and forestry rangkingnya 301 dunia, sedangkan Universitas Brawijaya sendiri rangkingnya 801 plus dunia. “Jadi tugas sebagai profesor di Universitas Brawijaya ini harus menjadi profesor kelas dunia,” pesannya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar