Ini Tanda-tanda Gejala Kanker yang Bisa Muncul di Area Wajah

Sabtu, 25 Juni 2022 12:39 WIB

Share
Ini Tanda-tanda Gejala Kanker yang Bisa Muncul di Area Wajah
(Foto: Ist).

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Dalam beberapa referensi, setidaknya ada lebih dari 200 tanda-tanda kanker, gejala yang terkadang bisa tersamar sehingga cenderung diabaikan. Salah satunya tanda peringatan kanker yang muncul di area wajah.

Dilansir Poskota.co.id dari laman Express menyatakan sebuah laporan yang diterbitkan di situs web kesehatan Reynolds Cancer Support House menyebut gejala kanker yang paling mungkin diabaikan, khususnya oleh perempuan. Tanda tersebut adalah wajah yang kemerahan dan bengkak pada pasien paru-paru. Dikutip Lampung.poskota.co.id dari laman Poskota.co.id

"Penjelasannya adalah tumor paru-paru sel kecil biasanya menyumbat pembuluh darah di dada, mencegah darah mengalir dari kepala dan wajah," demikian kutipan laporan tersebut seperti dilansir dari laman Express, Rabu (15/6/2022).

Ketika kanker paru-paru menyebabkan wajah bengkak, lazimnya karena tumor menekan pembuluh darah dari kepala ke jantung. Itu memperlambat aliran blok ke dan dari kepala, menyebabkan pembengkakan di sekitar leher dan wajah.

Perubahan di area wajah dianggap sebagai tanda umum dari karsinoma paru-paru, tetapi juga dapat terjadi pada beberapa jenis kanker. Tumor karsinoid, misalnya, yang merupakan tumor neuroendokrin yang tumbuh secara khusus di sel neuroendokrin.

Karsinoma sel skuamosa, yang merupakan jenis kanker kulit paling umum, juga diketahui berpotensi mengubah penampilan wajah. Perubahan berupa wajah memerah sering terjadi pada bagian wajah yang paling sering terpapar sinar matahari.

Perubahan kondisi wajah yang drastis patut diwaspadai dan sebaiknya tidak dibiarkan. Apabila mengalami perubahan tubuh tanpa penyebab pasti, disarankan memeriksakan diri ke dokter. Skrining dapat membantu mendeteksi keganasan kanker pada tahap awal.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker. Di antaranya Hindari paparan radiasi, racun industri, dan polusi lingkungan. Hentikan kebiasaan merokok serta biasakan berolahraga rutin dan menerapkan pola makan sehat.

Meskipun penelitian yang mengaitkan kanker dengan tidur tidak kuat, memiliki waktu tidur berkualitas tetap harus menjadi prioritas. Pasalnya, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan penambahan berat badan, yang merupakan faktor risiko kanker.

Langkah pencegahan kanker lainnya adalah mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu memberi perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat dan kanker usus besar.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar