Membludak, Capai 500 Pendonor Darah Ramaikan HUT ke-340 Balam

Selasa, 21 Juni 2022 20:36 WIB

Share
Para pendonor dalam rangka HUT ke-340 Kota Bandarlampung (Foto Jims/Poskota Lampung)
Para pendonor dalam rangka HUT ke-340 Kota Bandarlampung (Foto Jims/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka HUT ke-340 Kota Bandarlampung, sekitar 500 orang pegawai Pemkot Bandarlampung donor darah di Lantai II, Gedung Semergou, Pemkot Bandarlampung, Selasa (21/6/2022).

"Alhamdulillah pendonor ngebludak ya, saya juga menelepon Danlanal Lampung, Brimob, dan Kapolresta, serta PN Bandarlampung mendonorkan darah untuk membantu kesediaan stok darah," kata Wali Kota Eva Dwiana.

Target awalnya, ada 340  pendonor sesuai dengan ulang tahun Kota Bandarlampung. Ternyata, jumlah yang ingin donor melebihi target sampai 500-an donor.

"Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini bermanfaat untuk ketersediaan stok darah untuk membantu masyarakat," ujar Wali Kota Eva Dwiana.

Ikut pula dalam bakti sosial kolaborasi dengan UTD PMI Pembina Provinsi Lampung itu, pegawai berbagai instansi vertikal (Lanal, Brimob Polda Lampung, PN Tanjungkarang, Polresta Bandarlampung, dll). 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi ikut langsung mendonorkan darahnya

Wali Kota Eva Dwiana mengatakan donor darah memiliki segudang manfaat. Selain tujuan amal buat mereka yang membutuhkan transfusi darah, sehabis donor bisa tambah segar. 

Tak benar adanya anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. "Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya," katanya.

Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antara lain , menjaga kesehatan jantung;  meningkatkan produksi sel darah merah, katanya.

Salah satu peserta donor darah  mengaku hingga saat ini Ia telah mendonorkan darahnya sebanyak 7 kali, baik mengikutinya di kantor Palang Merah Indonesia

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler