Uang 47 Nasabah Bank Lampung yang Bobol Ditarik di Bali dan Jateng

Senin, 20 Juni 2022 17:31 WIB

Share
Uang 47 Nasabah Bank Lampung yang Bobol Ditarik di Bali dan Jateng
Arie Rachman Nafarin

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Lampung berhasil mengetahui dua mesin ATM yang dipasang skimming sampai membobol uang miliaran rupiah 47 nasabah Bank Lampung.

Menurut Direktur Krimsus Polda Lampung Kombes Arie Rachman Nafarin, pelaku menarik uangnya di Bali dan Jawa Tengah. "Pelaku tak mengambil uangnya di Lampung," katanya di depan Aula GWS Polda Itera, Senin (20/6/2022).

Kombes Arie Rachman Nafarin tak bisa berkomentar lebih terperinci karena masih mengejar pelakunya, termasuk lokasi dua ATM tersebut. 

 

Menurut Arie, pelaku skimming ini bukan jaringan, melainkan perorangan. Modus skimming dengan memasang kamera tersembunyi di bagian penutup keypad mesin ATM. 

Setelah mendapatkan PIN, pelaku mencari nomor rekening korban. Yang jadi pertanyaan kemudian, pelaku dari mana memeroleh databasenya.

Dikatakannya juga, pihaknya telah mengendus pelaku skimming yang merugikan nasabah mulai dari Rp15 juta hingga Rp300 juta. Sebagian besar korban dilaporkan Bank Lampung dan sebagian nasabah.

Dari penyelidikan sementara, pelaku mengincar ATM bank yang tak cepat merespon adanya kerusakan. Selisih waktu itu yang dimanfaatkan pelaku. [HBM]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar