Virus PMK Sapi Merebak, Peternak Diminta Tak Panik, Ini Cara Pencegahannya

Rabu, 18 Mei 2022 17:21 WIB

Share
Ketua PPSKI drh Nanang Purus Subendro (Foto Zen/Poskota Lampung)
Ketua PPSKI drh Nanang Purus Subendro (Foto Zen/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Merebaknya virus
mulut dan kuku (PMK) sapi, Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI), drh. Nanang Purus Subendro, mengimbau para peternak untuk tenang dan tidak panik.

Peternak diminta untuk segera melakukan pencegahan sejak dini, antara lain dengan  penyemprotan disinfektan efektif,  terhadap kendaraan, kandang dan perlengkapan kerja.

Menurut Nanang, pemerintah harus melindungi peternak, jika penyakit ini mengakibatkan kematian,   peternak juga perlu diberikan solusi dampak ekonomi akibat kematian ternak mereka.

 

Hal itu dikatakan dokter hewan Nanang, usai mengikuti Apel Satgas Penanggulangan PMK bersama Bupati Lampung Tengah , Musa Ahmad,   Selasa 17 Mei 2022.

Lulusan dokter hewan UGM itu meminta pemerintah juga perlu memberi bantuan semacam subsidi atau bantuan lain, kepada pemilik ternak, jika ternak mereka mati terkena wabah ini, meski menurut undang-undang sapi yang dimusnahkan tidak mendapat ganti rugi. 

Vaksinasi massal terhadap ternak juga harus dilakukan secara serentak guna pencegahan secara dini. [Zen Gunarto]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar