Bupati dan Wabup Umar Ahmad-Fauzi Hasan Berhasil Jadikan Tubaba Destinasi Wisata

Rabu, 18 Mei 2022 17:48 WIB

Share

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Selama menjabat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung Umar Ahmad-Fauzi Hasan berhasil menjadikan Bumi Ragem Sai Mangi Wawai sebagai wilayah tujuan wisata. 

Dulunya, Tulangbawang Barat disebut daerah bukan-bukan atau bukan tujuan. Sekarang menjadi tempat tujuan wisata bahkan menarik masyarakat dari luar Kabupaten.

Tentunya hal itu telah tertuang dalam Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Bupati sejak 2017 sampai 2022 saat ini.

Dalam implementasinya, telah terealisasi sejumlah ikon wisata Tulangbawang Barat. Diantaranya; kawasan Uluan Nughik, Tugu Rato,, Taman Kura - Kura, dan Islamic Center.

Uluan Nughik bermakna awal kehidupan, dimana lokasi itu pepohonan dan sumber air dirawat sebagai sumber kehidupan.

 

 

Di komplek uluan nughik terdapat bangunan rumah-rumah panggung yang sebagian besar berusia tua, yang sengaja dipindahkan dari beberapa lokasi kampung asli Lampung. Terdapat juga arena pertunjukan yang ditandai dengan adanya batu-batu besar nan indah.

Di kawasan ini juga terdapat rumah Suku Baduy. Rumah tersebut dibangun dengan mendatangkan pekerja asli Suku Baduy Banten.

Pembangunan rumah suku baduy dimaksudkan sebagai salah satu simbol ikatan persaudaraan antara masyarakat Lampung dan Banten yang sudah terjalin ratusan tahun atau ribuan tahun yang lalu, yang sempat dipisahkan oleh letusan gunung anak krakatau tahun 1883.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar