205 Tahun Kebun Raya Bogor, KRL Tanam 5 Spesies Pohon

Rabu, 18 Mei 2022 19:00 WIB

Share
205 Tahun Kebun Raya Bogor, KRL Tanam 5 Spesies Pohon
(Foto Erwan Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID - Kebun Raya Liwa (KRL) Kabupaten Lampung Barat menanam lima spesies pohon endemik terbanyak di kabupaten setempat, kegiatan tersebut merupakan suksesi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 205 Kebun Raya Bogor, Rabu (18/5/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lambar, Hendri Faisal, mengatakan aksi menanam pohon spesies terbanyak dilakukan serentak oleh daerah yang memiliki Kebun Raya, salahsatunya kabupaten Lambar.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut, KRL mendapat porsi menaman lima spesies pohon dari 45 kebun raya daerah yang tersebar di seluruh indonesia.

 

"Total seluruh spesies pohon se-Indonesia yang dilakukan penanaman serentak berjumlah 200, sementara KRL memiliki 5 spesies," jelasnya.

"Adapun yang kami tanam hari ini berjumlah 20 spesimen saja," sambungnya.

Spesies dimaksud yakni Koompasia exelsa(leguminosae), Shorea javanica(Dipterocarpaceae), Eusideroxyllon zwageri(lauraceae), Dacrycarpus imbricatus(podocarpaceae) dan Diospyros buxifolia(ebenacaeae).

"Kelima spesies dimaksud kami tanam sebanyak 20 sampel atau spesimen saja," kata Hendri Faisal.

Ditandaskan Hendri, HUT Kebun Raya Bogor yang mengusung tema 'melestarikan keragaman, menginspirasi kehidupan' itu ialah wujud atau fungsi kebun raya dalam keberlangsungan ekosistem.

"Mengingat fungsi pohon sangat esensial, utamanya dalam keberlangsungan kehidupan," tukasnya. [Erwan]

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar