Palestina Minta Keadilan Atas Kematian Jurnalis Al Jazeera yang Ditembak Pasukan Israel

Jumat, 13 Mei 2022 08:52 WIB

Share
Palestina Minta Keadilan Atas Kematian Jurnalis Al Jazeera yang Ditembak Pasukan Israel
Ratusan orang menangisi jenazah Shireen Abu Akleh, jurnalis Al Jazeera yang ditembak pasukan Israel saat bertugas (Foto: twitter/@NesmaJa97)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Kematian Shireen Abu Akleh, jurnalis Al Jazeera yang ditembak pasukan Israel ketika meliput serangan di Tepi Barat membawa luka mendalam bagi Palestina.

Palestina berduka dan minta keadilan atas kematian Abu Akleh yang berdarah Palestina itu. Negara juga turut memberikan penghormatan pada jurnalis senior Al Jazeera itu. Dikutip Lampung.poskota.co.id dari laman Poskota.co.id

Upacara penghormatan untuk Shireen Abu Akleh berlangsung di Kota Ramallah, Palestina, pada Kamis (12/5/2022), sehari setelah dia ditembak pasukan Israel.

Ribuan warga Palestina menghadiri upacara tersebut, yang berlangsung di kompleks kepresidenan Otoritas Palestina (PA) pada Kamis siang di kota Tepi Barat yang diduduki Israel itu.

Dilansir dari Al Jazeera, sebagai informasi Abu Akleh ditembak mati oleh pasukan Israel saat dia meliput serangan militer Israel di kota Jenin pada Rabu pagi.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas turut menghormati Abu Akleh dan mengucapkan selamat tinggal di kompleks tersebut, di mana prosesi besar oleh garda nasional juga diadakan.

Abbas mengecam perbuatan kriminal ini dan mengatakan bahwa Israel bertanggung jawab penuh atas kematian jurnalis Al Jazeera itu.

“Kami menolak penyelidikan bersama dengan Israel atas pembunuhan Abu Akleh,” kata Abbas, seraya menambahkan bahwa para pejabat Palestina akan pergi ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk mencari keadilan.

Dikabarkan bahwa pembunuhan Abu Akleh telah mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Palestina dan dunia Arab.

Perempuan berusia 51 tahun itu adalah koresponden veteran untuk televisi Arab Al Jazeera. Dia bergabung dengan stasiun tersebut pada 1997 hanya setahun setelah peluncurannya.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler