Golkar Bangun Koalisi dengan PAN dan PPP, Bagaimana Demokrat dan NasDem?

Jumat, 13 Mei 2022 12:57 WIB

Share
Golkar Bangun Koalisi dengan PAN dan PPP,  Bagaimana Demokrat dan NasDem?
Suharso Nonoarfa, Hartarto Airlangga, dan Zulkifli Hasan (Foto Ist/Poskota Lampung)

LAMPUNG.POSKOTA.CO.ID -- Partai Golkar mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa pada Kamis (12/05) di Jakarta. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai pertemuan tersebut kemungkinan besar membahas koalisi 2024 dan peluang terbesar yang akan diusung yakni Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. 

Lalu bagaimana dengan Demokrat dan NasDem yang juga sebelumnya bertemu dengan Golkar? 

Dedi mengatakan, saat ini partai politik melakukan pertemuan satu sama lain untuk konsolidasi menyambut 2024. Dan akan terjadi bargaining untuk menentukan kecocokan. 

Tetapi, kata Dedi, Golkar sulit koalisi dengan Demokrat dan Nasdem jika tetap menawarkan Airlangga. Sebab, kecilnya peluang Airlangga untuk diusung berimbas pada mitra koalisi. 

"Itulah sebab Golkar lebih cepat menemukan kata sepakat dengan PPP dan PAN, karena dua Parpol ini di bawah Golkar cukup jauh," kata Dedi, kepada RuPol, Jumat (12/05/2022). 

Pengamat Politik Universitas Al-azhar Indonesia Ujang Komarudin juga mengatakan pertemuan antara Golkar, PAN dan PPP masih bersifat tentatif, semua akan berubah seiring berjalannya waktu. 

 

"Nasdem dan Demokrat semuanya masih bisa berkoalisi dengan ketiga parpol tadi. Bahkan bisa juga menjadi lawan politik," kata Ujang. 

Sebab, pola koalisi antara Golkar, PAN dan PPP belum terlihat jelas, semua ketum partai masih saling menjajaki. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler